• b1
  • b3
  • B6
  • Slide PPDB 4

Welcome To SMA N 1 TUAL, PPDB Telah dibuka Silahkan kunjungi www.ppdb.smansatual.sch.id Untuk Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru 2019/2020

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 TUAL

NPSN : 60100819

Jl.Karel Sadsuitubun, Kota Tual. Maluku


info@smansatual.sch.id

TLP : 0916 � 21275


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 65065
Pengunjung : 24171
Hari ini : 22
Hits hari ini : 63
Member Online : 0
IP : 54.161.118.57
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pembodohan IT Melalui Kurikulum




Dalam Forum MGMP mata pelajaran TIK Kota Tual, Para guru TIK sepakat mengatakan bahwa, kurikulum 13 merupakan kurukulum pembodohan IT dimana kita sedang hidup dalam persaingan teknologi, dimana Pengetahuan tentang IT harus lebih di tingkatkan. K13 juga merupakan kurikulum yang diskriminatif terhadap mata pelajaran TIK, walaupun masih ada embel-embel dengan nama BIMBINGAN, yang kami anggap sebagai lagu Nina Bobok agar tenang dan tertidur untuk mati. Kenapa  Kurikulum ini kami katakan diskriminatif, bisa kita ambil contoh, ada banyak Pelatihan Terhadap Kurikulum baru ini, yang sering kita sebut K13 oleh mata pelajaran yang masuk dalam struktur kurikulum, tapi bisa kita lihat bagaimana nasib Para Guru TIK, ada tidak sosialisasi dengan penghapusan mapel TIK ini kepada kusus para guru TIK di Indonesia ? kami tentunya pernah di ikutkan dalam pelatihan K13 disekolah tapi kita merasa tidak masuk akal ketika dalam pelatihan kita hanya mendengar bagaimana cara menyusun RPP Bahasa Indonesia. kami hanya dapat informasi Mapel TIK di ganti menjadi bimbingan, yang kami pertanyakan BIMBINGAN yang bagaimana ? ada tidak pelatihan dan konsep bimbingan seperti apa ? kami merasa hanya di lepas-lepas begitu saja. Kami guru yang mendidik dengan cara terdidik kepada anak-anak, namun kami merasa diperlakukan seperti tidak dengan cara yang terdidik, dimana keadilan dan beradab ? apakah cara seperti ini yang di maksud dengan adil dan beradap ? guru tidak diperlakukan dengan cara beradap bagaimana nasib anak bangsa kita ?

Komunitas Guru TIK juga menilai, penghapusan TIK juga merupakan Peremehan Mapel TIK, kami simpulkan bahwa TIK tidak di anggap Penting, berbahaya jika suatu kebijakan di ambil oleh orang-orang yang tidak paham dengan apa yang mereka putuskan, seperti dengan halnya penghapusan TIK. TIK tidak hanya bicara tentang ketik – mengetik dan hitung – menghitung, di didalam TIK banyak ilmu yang dapat kita pelajari, termasuk di didalamya ada materi ETIKA menggunakan teknologi informasi, sering kita lihat banyak pelanggaran-pelanggaran dalam penggunakan TIK yang  berakibat merugikan orang lain, di era yang bebas itu disana kita harusnya hadir, banyak ilmu tentang Pemrogaman untuk menciptakan sebuah software dengan begitu banyak Bahasa Pemrogaman, di dalam TIK ada ecomers yang berbicara mengenai tentang menciptakan sebuah website atau sebuah sistem online yang memudahkan user dalam bekerja. TIK ada Jaringan Internet bagaimana cara menghubungkan komputer satu dengan yang lain, menghubungkan komputer dari belahan bumi yang satu ke belahan bumi yang lain. ada Multimedia dimana seorang animator-animator handal belajar, masih banyak yang perlu kita pelajari dari TIK.  Apa kah benar kita sedang disiapkan menjadi konsumen-konsumen dari teknogi dan pasar yang menggiurkan bagi para Perusahan teknologi ?

Berikut ini adalah alasan yang tidak masuk akal mengapa TIK di hapus.

1. Sumber kemorosotan moral

Pertanyaan saya apakah dengan di hapusnya TIK moral anak-anak semakin baik atau sebaliknya ? menurut hemat saya dengan di hapusnya TIK tidak di lakukan bimbingan secara SERIUS  dalam penggunakaan TIK yang berakibat moral generasi kita menurun, kami sebutkan di atas tadi di dalam TIK ada Materi ETIKA menggunakan TIK, bagaimana kalau di hapus ? apakah jauh lebih baik moralnya ? MATA PELAJARAN kok dijadikan KAMBING HITAM, kenapa biologi gak di jadikan KAMBING HITAM ? bicara Perkembang biakan kenapa banyak orang hamil di luar nikah ? yang salah mapel nya atau siapa ?

 2. Sulit menyusun kurikulum yang tepat

Lagi-lagi ketidak mampuan pemerintah dijadikan alasan mengapa TIK di Hapus, ? Yang salah MAPEL nya apa salah Pemerintah ? kanapa di hapus ? Harus di akui TIK bukan lah mapel yang mudah dalam membuat Kurikulumnya kanapa, TIK adalah ilmu yang bicara teknologi, dimana penelitian dalam 1 jam muncul 1 teknologi baru, jadi memang bukan hal yang mudah membuat sesuatu yang baku untuk menentukan sebuah kurikulum TIK. TIK juga bukan MAPEL yang MURAH MERIAH, kenapa bisa kami katakan begitu ? karna untuk memenuhi infrastrukturnya bukan memerlukan biaya yang sedikit, misalnya dalam pemenuhan LAB dan Komputer. Tapi bukan berarti dengan alasan itu kita justru menghapusnya ? itu adalah kesalahan fatal, pertanyaanya YANG TIDAK MAMPU SIAPA KORBANYA SIAPA ? korbanya adalah anak-anak ! K13 MERASPAS HAK anak untuk mendapatkan Mata Pelajaran TIK, siapa bilang anak-anak sudah bisa menggunakan TIK tanpa diberi pelajaran TIK ? jangan samakan anak-anak di Kota dengan anak-anak di daerah, Indonesia itu bukan Jakarta, Indonesia itu ada Mangur tempat terpencil Kota Tual Provinsi Maluku, yang kadang ada Listrik kadang Tidak, kok berharap mau belajar komputer, komputernya aja punya tidak kok mau belajar komputer ?

 3. Penyederhanaan Kurikulum

Loh kenapa TIK yang harus di mutilasi ? Dasar apa harus ada penyerderhanaan ? atau ada agenda pembodohan IT di era persaingan IT ?

 4. Penguatan TI pada/ke pelajaran lain

K13 berpandangan bahwa pada K13 TIK di kawinkan dengan mata pelajaran yang lain, jadi guru di himbau dengan mengajar menggunaan infokus dll, apakah dengan hal ini cukup di era sekarang ini ? harus kita akui masih banyak guru-guru yang buta akan IT, kok guru mo mengawinkan mapel yang di ampu nya dengan IT. sampai dimana ilmu IT yang mereka akan sampaikan ? di hapus nya TIK ini juga tidak sejalan dengan pemerintah dimana semua sekarang serba online semua pegawai harus di tuntut menguasai IT, ujian aja Online kok TIK di hapus ?

TIK disekolah adalah pengenalam awal teknologi untuk merangsang siswa dalam pengembangan minat belajar dalam mempelajari TIK lebih jauh. Kedepan tidak akan ada programer, tidak akan ada animator knp ? Perguruan tinggi komputer tutup. Karna yang seharusnya sudah punya minat dr SMA tapi dihapus oleh K13.

di tulis oleh : Ariyadi.S.Kom




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Magdalena Alerbitu -  [maalerbitu@gmail.com]  Tanggal : 31/08/2017
Para guru TI harus meminta untuk dilakukan sosialisasi dan pengarahan dalam forum tetentu khususnya menyangkaut Permendikbud nomor 68 tahun 2014,tentang pembimbingan TI berkaitan dengan implementasi K 13,sekaligus pedoman teknisnya


   Kembali ke Atas